Ngobrolin #5: Darkman (1990)


Darkman mungkin comic book movies terbaik hasil adaptasi dari komik yang tidak pernah ada. Lahir di era dimana film adaptasi komik belum menguasai box office bahkan bisa dibilang sebagai komoditas langka. Darkman merupakan hasil buah pikiran dari Sam Raimi sendiri dan bukan merupakan adaptasi dari komik yang sudah ada sebelumnya. Namun secara narasi dan visual film ini sangat terasa seperti adaptasi komik. Gue bisa membayangkan tiap- tiap adegan dalam bentuk panel- panel komik.

Merupakan film bergaya komik garapan Sam Raimi tentu saja gue tidak bisa menahan diri untuk membandingkannya dengan trilogi Spider- Man. Selain komposisi musik yang dibuat oleh orang yang sama yaitu Danny Elfman, visual dari film ini benar- benar mirip dengan Spider- Man. Walaupun begitu Darkman lebih terasa sebagai Raimi movies. Jika dibandingkan dengan Darkman maka Spider- Man lebih terasa seperti film yang digarap oleh studio. Gaya Raimi tidak terlalu terlihat di film tersebut sedangkan dalam Darkman, style dari Raimi benar- benar menguasai film.

Saat ini tren comic book movies sedang bergeser ke arah yang lebih gelap. Film seperti Joker atau Logan tidak takut menceritakan sisi yang lebih kelam dan dewasa dari karakter yang berasa dari komik. Untuk itu mungkin sekarang saat yang tepat untuk mengunjungi kembali Darkman sebagai salah satu film yang membantu membentuk lanskap comic book movies saat ini.

Comments