Ngobrolin #12: Moneyball (2011)


Here is a thing about sports drama, it's not about the sports. Dalam drama olahraga, bagian olahraga hanyalah sebuah tema. Seperti sebuah acara ulang tahun bertema star wars, dalam substansi acara tersebut tetaplah sebuah acara ulang tahun. Jadi jangan takut untuk menonton sebuah drama olahraga, walaupun kalian tidak mengerti mengenai olahraga tersebut.

Moneyball merupakan film bertema baseball yang disutradari oleh Bennet Miller. Miller menurut gue merupakan salah satu dari beberapa sutradara yang mempunyai track record yang bagus. Sampai saat tulisan ini dibuat, Miller telah menyutradari 4 film yang semuanya layak untuk ditonton.

Film ini berfokus kepada Billy Beane (Bradd Pitt) yaitu seorang manager untuk tim Oakland Athletics, yaitu sebuah tim baseball yang memiliki budget sangat terbatas. Billy dengan bantuan asistennya Peter Brand (Jonah Hill) berhasil membentuk sebuah tim yang mendapat 20 kali win streak yang merupakan salah satu rekor kemenangan terpanjang dalam sejarah baseball profesional di Amerika.

 Jika anda sedikit mengamati olahraga seperti basket, sepak bola atau baseball dalam beberapa dekade terakhir anda akan sadar berapa banyak uang yang mengalir dalam olahraga tersebut. Sebuah tim yang memiliki aliran dana yang banyak tentunya dapat membeli pemain- pemain kunci dari tim lain. Sementara tim dengan uang yang terbatas akan selalu kehilangan pemain mereka karena dibeli oleh tim lain. Kenyataan seperti itu yang menjadi fokus dalam film ini dan bagaimana Billy Beane merubah hal tersebut dengan metode pembentukan tim yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Kehebatan film ini terletak di kesederhanaannya. Sama seperti kisah di dalamnya, film ini juga mencoba metode yang berbeda dari film lain yang sama- sama diangkat dari kisah nyata. Tidak ada klise seperti antagonis yang dibuat- buat atau drama yang sebenarnya tidak ada di dunia nyata. Film ini berfokus kepada tujuannya yaitu menceritakan bagaimana sebuah tim melawan klise dari dunia olahraga modern.

Gue tidak pernah menyangka film yang kebanyakan berisi Bradd Pitt frustasi dan orang- orang membicarakan statistik mengenai olahraga yang tidak pernah gue tonton akan menarik seperti ini.

Comments