Ngobrolin #16: Christine (1983)


Seperti sutradara horror di tahun 80an pada umumnya, John Carpenter sudah seperti ditakdirkan untuk membuat minimal satu film adaptasi dari Stephen King. Christine adalah film yang diadaptasi dari novel Stephen King dengan nama yang sama. Berkisah tentang sebuah mobil yang memiliki kesadaran sendiri dan dapat membunuh.

Christine adalah mobil Plymouth Fury tahun 1958 dengan warna merah yang menyala. Fury memang merupakan mobil yang sangat mengagumkan pada zamannya, bentuk yang terlihat sporty serta warna yang terlihat mencolok membuat fury menjadi ikon Plymouth untuk beberapa dekade. Dalam film ini Christine digambarkan memiliki sifat yang mirip seperti wanita possesif, ia tidak ingin jika pemiliknya bersama dengan wanita lain.

Jika anda pernah menonton film John Carpenter yang lain dan berfikir film tersebut lambat, maka film ini lebih lambat lagi. Paruh awal film dihabiskan dengan pembentukan karakter Arnie (Keith Gordon) dan perubahannya dibawah pengaruh Chirstine. Untuk sebuah film horror di jaman dimana setiap sutradara berlomba- lomba menciptakan adegan pembunuhan yang kreatif di filmnya, Christine bisa dibilang sebagai horror yang "kalem".

Christine merupakan salah satu karya terbaik John Carpenter, ada sesuatu yang magis dari kombinasi antara pencahayaan yang minimalis dan musik synthwave yang memberikan nuansa horror sendiri kepada film ini.

Comments