Ngobrolin #22: Evil Dead 2: Dead by Dawn (1987)


Evil Dead 2 merupakan sekuel dari Evil Dead. Walaupun dikatakan sebagai sekuel namun hampir semua cerita dari film sebelumnya dirombak atau dihapuskan di film ini. Jadi film ini bisa dianggap retelling atau penceritaan ulang dari film sebelumya. Sehingga anda tidak perlu menonton Evil Dead untuk menikmati Evil Dead 2. Selain menonton kembali film ini untuk dibahas, saya juga menonton sebuah dokumenter yang berjudul Swallowed Souls the Making of Evil Dead 2. Film tersebut berisi wawancara dengan aktor serta kru dari pembuatan Evil Dead 2.

Sam Raimi kembali dengan budget yang lebih besar serta konsep yang lebih matang. Hampir semua orang yang berkontribusi di film pertama kembali lagi di film ini. Bruce Campbell kembali menjadi Ash William sang karakter utama. Tom Sullivan juga kembali sebagai kru special effect namun sekarang ia dibantu oleh banyak orang.

Film dibuka dengan narasi dari Ash William mengenai kejadian di film pertama. Namun apa yang Ash ceritakan berbeda dengan apa yang kita saksikan di film sebelumnya. Kali ini ia tidak berlibur dengan teman- temannya namun hanya dengan Linda, pacarnya. Dalam kabin tempat mereka berlibur, Ash menemukan sebuah rekaman suara yang menceritakan mengenai sebuah buku yang berjudul Necronomicon ex Mortis, selanjutnya rekaman tersebut mulai membaca matra yang ada dalam buku tersebut. Tanpa sepengetahuan Ash, mantra tersebut membangkitkan iblis yang akhirnya merasuki tubuh Linda. Ash yang diserang oleh Linda terpaksa untuk memenggal kepalanya lalu menguburnya di luar rumah. Sekarang Ash sendirian berusaha bertahan hidup dari iblis yang telah bangkit di sekitar rumah tersebut.

Perbedaan terbesar Evil Dead 2 dari film sebelumnya adalah di genrenya. Evil Dead 2 memiliki genre horror comedy, dimana sepanjang film berbagai karakter akan diserang oleh iblis yang disebut deadite. Namun serangan tersebut selain menakutkan juga akan menimbulkan gelak tawa para penonton. Salah satu sumber komedi yang lain adalah bagaimana berbagai karakter disiksa dalam film ini. Sam Raimi memang selalu mempunyai cara yang unik untuk menyiksa para aktor dan karakter dalam filmnya, terlebih lagi karakter utama.

Special effect di film ini berada di level yang berbeda dari film sebelumnya. Selain Tom Sullivan, Mark Shostrom yang sebelumnya menangani film seperti Nightmare on Elm Street dan From Beyond juga direkrut untuk film ini. Hasil dari kombinasi mereka sangat luar biasa. Tangan yang bisa berjalan sendiri, dinding yang mengeluarkan darah serta pohon yang hidup dan berbicara merupakan beberapa effect yang membuat saya kagum saat menontonnya.

Saat menonton dokumenter mengenai Evil Dead 2, saya juga mendapatkan beberapa hal yang patut dibahas dalam tulisan ini. Alasan dari penceritaan kembali kisah dari film sebelumnya adalah hak cipta untuk Evil Dead dipegang oleh perusahaan yang berbeda dengan Evil Dead 2, sehingga mereka memutuskan untuk membuat versi baru dari film pertama. Selain itu sebagian kru dan aktor tidak tahu bahwa mereka membuat film bergenre horror comedy, mereka hanya mengetahui bahwa film yang mereka buat adalah sekuel untuk Evil Dead. Hal tersebut tentunya membuat mereka kebingungan saat premiere film tersebut dan penonton mulai tertawa.

Evil Dead 2 merupakan sebuah film klasik yang melampaui film sebelumnya. Sampai saat ini tidak ada horror comedy yang bisa membuat saya tertawa seperti film ini.

Comments