Ngobrolin #23: Terminator Salvation (2009)


Terminator Salvation merupakan film ke 4 di seri terminator. Disutradarai oleh Joseph McGinty Nichol atau yang lebih sering dikenal sebagai McG yang sebelumnya menyutradarai Charlie's Angels. Sama seperti Terminator 3, film ini juga ditulis oleh John Brancato dan Michael Ferris.

Film ini mengambil latar di masa depan, tepatnya pada tahun 2018, 15 tahun sejak Judgment Day di yang terjadi di Terminator 3. John Connor merupakan pemimpin dari grup pemberontak bernama Resistance yang bertujuan untuk membebaskan umat manusia dari genggaman skynet.

Satu hal yang bisa saya acungi jempol adalah film ini mencoba menjadi film terminator yang berbeda dari seri sebelumnya. Tentunya hal tersebut langsung dilupakan dan seri terminator setelah ini kembali ke formula awal. Gambaran masa depan selalu ada di setiap seri terminator, robot berpatroli di udara, tengkorak manusia bertumpuk di jalanan sementara manusia berusaha melawan sementara terminator. Namun sayangnya rasa kagum saya terhadap film ini hanya berhenti disitu. Dalam eksekusinya, Terminator Salvation terasa sangat generik dan flat.

Salah satu hal yang paling saya tidak suka dari film ini adalah karakternya, tentu saya John Connor  dan Kate Brewster  mempunyai kewajiban untuk hadir dalam film ini setelah selamat di akhir Terminator 3. Salah satu karakter yang juga harus dihadirkan adalah Kyle Reese. Selain mereka bertiga, film ini juga mengenalkan beberapa karakter baru seperti Marcus, Blair dan Star. Karakter yang saya sebutkan diatas adalah yang mempunyai minimal 10 menit di depan kamera, karena sebenarnya masih sangat banyak lagi karakter di film ini. Sayangnya karakter- karakter dalam film ini tidak dikembangkan dengan baik, sebagian besar dari mereka terasa flat dan membosankan.

Comments