Ngobrolin #24: From Dusk till Dawn (1996)


From Dusk till Dawn adalah film tahun 1996 yang disutradarai oleh Robert Rodriguez yang sebelumnya dikenal dari film El Mariachi dan Desperado. Mungkin para penonton akan lebih mengenalnya sebagai sutradara untuk seri Spy Kids. Penulis naskah dari film ini adalah Quentin Tarantino yang sebelum ini menyutradarai Reservoir Dogs dan Pulp Fiction. Film ini menjadi beberapa film yang ditulis oleh Tarantino namun disutradari oleh orang lain.

From Dusk till Dawn bercerita tentang Seth dan Rich Gecko, dua bersaudara yang merupakan buronan setelah kabur dari penjara. Untuk dapat menyebrang ke Meksiko, mereka membajak sebuah Van milik mantan pendeta dan keluarganya. Setelah sampai di Meksiko, mereka berhenti di sebuah bar untuk bertemu dengan seseorang. Namun tanpa sadar, mereka telah masuk ke dalam sarang vampire.

Entah kenapa film ini memberikan vibe seperti monster movie di era 50 sampai 60an, tepatnya film ini mirip seperti era Hammer Film. Salah satu karakternya bahkan sempat membahas Peter Cushing, mereferensikan aktingnya sebagai Dr Van Hellsing di berbagai film dracula. Scene dimana para karakternya mengumpulkan ide untuk membunuh para vampire mungkin adalah scene favorit saya dalam film ini. Seakan- akan para karakternya sadar bahwa mereka ada dalam sebuah fim.

Vampire di film ini lebih mirip zombie, sebagian besar dari mereka terlihat seperti tidak punya pikiran dan hanya haus darah. Sangat berbeda memang dengan penggambaran vampire pada umumnya yang biasanya pandai berbicara dan memikat korbannya. Namun banyaknya monster serta action dari film ini membuat gue tidak peduli dengan hal tersebut.

Film ini berawal seperti action thriller seperti Tarantino flick pada umumnya dan berakhir menjadi film mengenai vampire dan gorefest. Jika anda tidak mengetahui apapun saat menonton film ini, maka anda akan terkejut dengan bagian keduanya. Bahkan jika anda sudah tau, paruh awal film ini bisa mengenggelamkan anda untuk melupakan bahwa ada vampire dalam film ini.

Comments