Ngobrolin #25: Halloween (1978)

Halloween merupakan film yang membuat nama John Carpenter meroket di tahun 1978. Dibintangi oleh aktor senior Donald Pleaseance serta menjadi film debut dari Jamie Lee Curtis. Film ini juga merupakan film pertama yang ditulis serta diproduseri oleh Debra Hill yang tentunya akan banyak bekerja bersama Carpenter dalam berbagai film.

Pada tahun 1963 di sebuah kota kecil bernama Haddonfield, seorang anak bernama Michael Myers dibawa ke rumah sakit jiwa karena membunuh kakaknya sendiri. 15 tahun kemudian Michael kabur dan kembali ke kota Haddonfield untuk melanjutkan aksinya. Jamie Lee Curtis berperan sebagai Laura Strobe, orang yang menjadi target Michael selanjutnya. Untuk menghentikan tragedi 15 tahun sebelumnya, Dr Loomis yang diperankan oleh Donald Pleaseance berusaha meyakinkan polisi setempat tentang bahaya yang bernama Michael Myers.

Seperti biasa John Carpenter mengandalkan cahaya yang minimalis dan synthwave untuk menghasilkan aura horror di film ini. Pengunaan cahaya yang minimal sangat efektif di film ini karena penonton tidak tahu kapan dan dimana Michael akan muncul dan menyerang. Salah satu scene favorit saya dalam film ini adalah saat Laurie bersembunyi di balik sofa untuk menghindari Michael. Cahaya dalam scene itu yang berasal dari pintu, hanya menyinari Laura dan sebagian dari sofa saja, sementara bagian lain ruangan tetap dibiarkan gelap, memberikan kesan bahwa Michael sedang menyelinap diantara kegelapan tersebut.

Halloween bisa dibilang merupakan kelahiran sebuah genre baru yang biasa disebut slasher atau film jagal. Tentu sebelum film ini terdapat banyak film sebelumnya yang bisa masuk kedalam genre ini seperti Texas Chainsaw Massacre, Black Christmas dan Psycho, namun Halloween lah yang berhasil membaya slasher ke penonton yang lebih mainstream serta ia juga yang melahirkan banyak klise dalam sub genre ini.

Comments