Ngobrolin #2: Lifeforce (1985)


Hal pertama yang akan gue katakan tentang film ini adalah: Watch it!! ini bukan film b- movies atau low budget schlock fiksi sains yang banyak bertebaran di eranya. Walaupun begitu, bisa dibilang film ini sangat mewakilkan fiksi sains dalam dunia perfilman di era 1980an. Lifeforce disutradarai oleh Tobe Hooper yang sebelumnya telah membuat film yang sangat legendaris seperti Poltergeist dan Texas Chainsaw Massacre, yang membuat gue terkejut adalah unsur horror dari kedua film tersebut hampir tidak terasa dalam Lifeforce. Lebih mengejutkan lagi adalah orang dibelakang skenario film ini yaitu Dan O'Bannon yang sebelumnya menulis skenario untuk film Alien. Pemilihan fokus kepada genre fiksi sains sangat mendorong keunikan dari film ini. John Dykstra memproduksi special effect dari film ini. John sebelumnya telah berpengalaman menangani beberapa film seperti Firefox dan Star Wars.

Film ini melampaui ekspetasi gue yang hanya termakan dengan penjelasan "space vampire". Namun bukan berarti hal tersebut tidak akurat, tapi mungkin akan terdengar seperti plot film low budget yang akan mengilangkan minat beberapa orang. Film ini lebih pintar dari itu, mungkin akan terdengar klise di jaman sekarang jika kita membicarakan mengenai plot twist dari sebuah film. Namun hal tersebut merupakan salah satu poin terkuat dari film ini. Ceritanya mengalir dengan alami, setiap misteri yang disajikan perlahan- lahan terbongkar dengan pacing yang terasa sangat natural. Tidak ada plot yang terlalu kompleks sehingga membutuhkan asupan eksternal untuk dimengerti, namun tetap menarik penonton masuk kedalamnnya.

Apakah gue merekomendasikan film ini? Ya! seperti yang gue bilang di awal Watch it!! Anggaplah tulisan ini sebagai tantangan untuk menonton film lama yang terlupakan, untuk tidak terlalu mempercayai rating di imdb atau rotten tomatoes dan untuk mencari selera film anda sendiri. Satu lagi alasan menonton film ini, Matilda May tidak berbusana 80% dari penampilannya disini. Selamat menonton.

Comments