Ngobrolin #4: Evil Dead (1981)


Apa prestasi terbesar lo selama kuliah? Karena Sam Raimi dan Bruce Campbell membuat sebuah film pendek berjudul Whitin The Woods yang berhasil meyakinkan para investor untuk memberikan mereka dana lebih dari $300.000 untuk membuat sebuah film berjudul Evil Dead.

Gue datang dengan perspektif yang sangat unik mengenai film ini karena gue sudah menonton Evil Dead 2 berulang kali sebelum akhirnya mencoba menonton film ini. Evil Dead 2 sering di deskripsikan sebagai dark comedy atau horror comedy sedangkan Evil Dead lebih sering dijelaskan sebagai horror eksperimental dimana Sam Raimi mulai dikenal dengan gaya khasnya yang bertambah baik di film- film selanjutnya. Selain itu sebagian besar cerita dari Evil Dead telah dibuat ulang dalam bagian awal Evil Dead 2 sehingga semakin tidak ada alasan untuk kembali menonton film ini. Tapi ternyata gue salah, bahkan setelah mendapat 2 sekuel dan sebuah remake Evil Dead tetap menjadi film yang solid untuk ditonton.

Evil Dead jika dilihat dari perspektif trilogi maka ia menjalankan perannya dengan baik. Ash Williams (Bruce Campbell) yang kita temui disini belum menjadi anti-hero pemberani yang mampu mengalahkan deadite. Namun sepanjang film ini kita menyaksikan pengorbanan serta tantangan yang ia lalui sehingga menjadi Ash yang kita kenal dalam sekuel.

Tentu saja membahas Evil Dead tidak akan lengkap jika tidak membahas special effect. Walaupun tidak se-gila sekuelnya, special effect yang ditangani oleh Tom Sullivan ini memang seperti memiliki karakternya sendiri. Deadite yang terlihat seperti percampuran zombie dan iblis masih sangat mengerikan sekaligus memanjakan mata.

Comments