Ngobrolin #34: Close Encounters of the Third Kind (1977)


Close Encounters of the Third Kind (yang selanjutnya akan disebut sebagai Close Encounters) merupakan firlm bergenre science fiction yang ditulis dan disutradari oleh Steven Speilberg. Berkisah tentang Roy Neary, seorang teknisi listrik yang hidup di sebuah kota kecil. Suatu hari Roy melihat sebuah cahaya di atas langit yang menyinari mobil serta dirinya. Semenjak hari itu, ia selalu dihantui oleh bayangan sebuah bukit yang tidak bisa hilang dari benaknya.

Jika membahas film soal alien mungkin selalu terpikir bahwa mereka akan menyerang bumi seperti yang terjadi dalam film War of the World dan The Day that the Earth Stood Still. Jarang sekali film yang menggambarkan bahwa alien bukan bangsa yang sangat haus darah dan menginginkan kehancuran.

Close Encounters mengambil pendekatan yang sedikit lebih realistis mengenai kontak pertama kita dengan makhluk luas angkasa. Alien tidak datang dan langsung menyerang kota- kota terbesar di bumi, namun pertama mereka berusaha berkomunikasi dengan manusia. Kita bisa melihat di film ini bagaimana pengaruh dari kedatangan alien ke bumi. Pemerintah dan pihak berwenang tidak akan langsung menembak UFO tanpa mengetahui maksud mereka mengunjugi planet kita.

Film ini seperti karya Spielberg yang lain memang luar biasa. Banyak adegan yang menggunakan wide angle ditambah dengan matte painting yang sangat mengagumkan. Dalam film ini banyak adegan- adegan yang tidak mengandalkan musik, namun hanya menggunakan ambience
dari suara di sekitarnya, seperti angin atau suara alam liar di malam hari. Hal tersebut tentunya memperkuat sense of adventure yang biasa ada di film karya Speilberg.

Sangat disanyangkan film ini merupakan salah satu karya Speilberg yang jarang dibicarakan. Kejayaan film ini terkubur oleh karyanya yang lebih dikenang seperti Jurrasic Park dan Indiana Jones.

Comments