Ngobrolin #17: The Howling (1981)


The Howling merupakan sebuah film horror tahun 1981 bertema werewolf  yang disutradari Joe Dante. Film ini merupakan film Joe Dante tepat sebelum ia menyutradari sebuah segmen di Twilight Zone: The Movie.  Jadi bisa dibilang film ini dan mungkin Piranha adalah karya dari Dante yang membuat Spielberg tertarik kepadanya.

Film ini berfokus kepada Karen White seroang reporter yang di teror dan di serang oleh sebuah makhluk misterius. Setelah serangan tersebut Karen mengalami trauma yang mendalam. Dengan saran psikeater akhirnya ia bersama dengan Bill Neill, suaminya memutuskan untuk liburan di sebuah perkampungan kecil. Plot dari film ini selanjutnya terbagi menjadi dua. Plot pertama berfokus kepada Karen dan traumanya, serta interaksinya dengan para warga di perkampungan. Plot kedua mengikuti Chris Halloran dan Terri Fisher, teman dari Karen yang berusaha untuk menyelidiki misteri dari makhluk yang menyerang Karen.

The Howling merupakan film horror yang lebih berfokus kepada cerita serta interaksi karakternya daripada monsternya. Tidak seperti horror 80an pada umumnya, The Howling lebih serius dalam masalah cerita. Fokus dari film ini bukanlah sang monster membunuh karakternya satu persatu dengan cara yang kreatif, melainkan misteri yang semakin lama semakin terugkap. Elemen misteri di film ini sangat terasa kental, bahkan mungkin untuk bagian pertama elemen tersebut lebih terasa daripada horrornya.

Special effect di film ini tentu saja menjadi salah satu topik yang paling sering dibicarakan. Mengingat di tahun yang sama John Landis juga menyutradari film dengan tema werewolf yang berjudul An American Werewolf in London. Hal yang paling sering jadi perdebatan adalah special effect untuk transformasi werewolf di kedua film. Menurut saya, An American Werewolf in London masih unggul dalam transformasi.

The Howling sangat mengejutkan saya karena dua faktor. Pertama adalah sutradaranya, Joe Dante. Karya dari Dante yang pernah saya tonton sebelum ini hanya Gremlins dan Gremlins 2 serta sebuah segmen dari Twilight Zone: The Movie. Tiga film tersebut memiliki unsur komedi yang sangat kental serta memiliki nuansa yang bisa dibilang playful, berbeda dengan film ini yang sangat serius. Kedua adalah An American Werewolf in London, yang ber-genre horror komedi tentunya sangat berbeda dengan film ini.

The Howling adalah film yang sangat cocok jika anda ingin mencari film horror yang serius.

Comments