Ngobrolin #28: Army of Darkness (1992)


Army of Darkness atau biasa disebut sebagai Evil Dead 3 merupakan seri terakhir dari seri Evil Dead. Masih disutradarai oleh Sam Raimi, serta Bruce Campbell kembali memerankan Ash William seperti di film sebelumnya. Army of Darkness dibuka dengan Ash yang di akhir film sebelumnya terlempar dalam lorong waktu dan akhirnya terjebak di abad pertengahan. Demi kembali ke eranya semula, Ash harus kembali melawan deadites dan mencari buku necronomicon yang berisi mantra untuk membuka portal waktu yang akan membawanya pulang.

Struktur film ini terasa lebih tradisional dari film sebelumnya. Setiap plot berakhir dengan adegan action yang selanjutkan akan membawa karakter ke plot berikutnya. Lingkaran tersebut terus berulang sampai kepada action terbesar di akhir film dengan komedi disisipkan di beberapa tempat. Sehingga film ini mungkin lebih tepat disebut sebagai action comedy daripada horror. Komedi dalam film ini juga terasa berbeda dari film sebelumnya. Memang secara keseluruhan sepertinya film ini memiliki target penonton yang lebih muda daripada Evil Dead 2.

Bagian terkuat dari film ini adalah akting Bruce Campbell sebagai Ash. Di film ini Ash bukanlah sebuah karakter yang heroik, yang melakukan petualangan demi menyelamatkan seorang putri atau mengalahkan kejahatan. Ash melakukan semuanya karena ia akan mendapat keuntungan. Ash terlihat seperti orang yang sudah lelah dengan petualangannya dan hanya ingin kembali pulang.

Army of Darkness mungkin tidak punya keseimbangan yang sempurna antara horror dan komedi seperti Evil Dead 2, namun film ini masih sangat menarik untuk ditonton. Satu hal lagi yang menarik untuk dibahas adalah ending dari film ini bukanlah ending asli yang diinginkan Sam Raimi, tapi ending tersebut merupakan permintaan studio. Ending diinginkan Raimi bisa ditonton di internet.

Comments