Ngobrolin #6: Dark Star (1974)


Warning: Jika anda memiliki epilepsi sangat tidak disarankan untuk menonton film ini karena terdapat beberapa adegan yang menggunakan cahaya yang berkedip terlalu cepat

Dark Star adalah sebuah film science fiction comedy, film ini merupakan pertama kalinya John Carpenter duduk di kursi sutradara sekaligus sebagai debut Dan O'Bannon dalam menulis naskah. Selain itu Dan juga mengisi bangku aktor dengan memerankan Pinback, salah satu dari 5 karakter yang ada di film ini.

Era 1970'an bukanlah sebuah dekade yang baik untuk genre film seperti ini. Tidak sampai 1 dekade setelahnya science fiction comedy mendapatkan sorotan mainstream serta kesuksesan di box office. 70'an merupakan era transisi untuk genre fiksi sains, dua dekade sebelumnya genre ini lebih sering diasosiasikan dengan horror yang bertema monster seperti the Thing from Another World, Invasion of Body Snatcher dan Invader from Mars. Orang- orang menonton science fiction di era itu seperti kita menonton film action di jaman sekarang. Setelah 2001: A Space Odyssey menggemparkan dunia perfilman di tahun 1968, lanskap film fiksi sains mulai berubah ke arah yang lebih serius.

Dark Star merupakan film yang unik di eranya, sebuah film yang dijelaskan oleh Quentin Tarantino sebagai hangout film, yaitu film yang tidak berfokus pada cerita, namun pada karakternya. Dialog yang digunakan sebagian besar merupakan obrolan sehari- hari sehingga terasa sangat casual. Hal tersebut dilakukan untuk menimbulkan rasa akrab antara karakter di film dengan para penonton. Ditambah dengan komedi yang pintar serta natural membuat Dark Star menjadi salah satu science fiction comedy favorit gue.

Selain komedi, Dark Star juga memiliki unsur horror, isolasi serta rasa sendirian di luar angkasa memberikan rasa takut yang berbeda dari jumscare dan musik nyaring yang biasa digunakan oleh film horror modern. Beberapa adegan seperti Pinback terjebak di lift untuk gue pribadi lebih terasa seperti horror daripada komedi. Sudah terlihat dari film ini bahwa John Carpenter dan Dan O'Bannon memang memiliki bakat di bidang horror.

Climax dari film ini merupakan salah satu punchline terbaik yang sudah dibangun selama hampir seluruh durasi film. Hal tersebut sudah lebih dari cukup untuk merekomendasikan film ini kepada orang- orang yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Comments