Ngobrolin #36: Mars Attacks! (1996)


Jika harus menjelaskan Mars Attacks! maka saya akan mendeskripsikan film ini sebagai  tribute untuk science fiction di era 50an, namun ia tidak menganggap dirinya terlalu serius. Mars Attack tau bahwa ia adalah sebuah film yang secara premis memang tidak bisa dianggap serius untuk sebuah film di era 90an, sehingga ia mengambil rute parodi. Namun sayang hal tersebut hanya berhenti sampai disitu, Mars Attacks! menurut saya cuma sebatas parodi dari film- film lain. Tentunya tetap masih ada beberapa hal yang masih saya nikmati dalam film ini, salah satunya adalah Jack Nicholson sebagai presiden yang sangat frustasi, dan si nenek yang selalu salah menyebut nama cucunya. Sayangnya untuk selera saya film ini terasa terlalu Tim Burton dibanding dengan film sebelumnya yaitu Ed Wood.

Gaya khas Tim Burton tentunya tetap hadir di film ini, baik secara visual maupun cerita. Banyak bangunan dengan gaya arsitektur yang aneh seperti campuran gothic dan art deco yang dipadukan dengan gaya kartun yang biasa kita temui di film Burton yang lebih modern. Ia seperti berusaha memasukkan style visual dari film terdahulunya seperti Batman dan The Nightmare Before Christmas kedalam film ini. Karakter utamanya tentunya khas Burton, seorang antisosial yang dihindari atau tidak disukai orang lain dan berakhir menjadi pahlawan.

Film ini bisa dibilang titik awal dimana Tim Burton terlalu tenggelam dalam gaya visualnya sendiri. Setelah ini ia meyutradarai Sleepy Hollow dan setelah film itu gaya nya tidak pernah berubah, bagi penonton yang memang menyukai gaya Burton mungkin akan puas dengan film ini namun jika anda tidak menyukainya maka film ini akan sedikit berat untuk ditonton.

Comments