Ngobrolin #37: The Bourne Identity (2002)


Bourne Identity merupakan sebuah film karya Doug Liman. Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, film ini berkisah tentang Jason Bourne (Matt Damon) orang yang mengalami amnesia dan berusaha untuk membongkar jati dirinya yang sebenarnya.

Saya tidak pernah membaca novel sumber dari film ini, sehingga saya tidak bisa menjelaskan seberapa akurat adaptasi film ini. Namun film ini terasa seperti disutradarai atau ditulis oleh seorang penulis novel, mungkin karena mereka sangat berhati- hati dalam mengadaptasi novel tersebut. Saya dapat membayangkan beberapa adegan sebagai tulisan dan detil dalam sebuah halaman novel.

Hal yang saya suka dalam Bourne Identity adalah film ini tidak "berisik". Tidak ada musik yang terlalu kencang, tidak ada ledakan hebat, dan tidak ada aksi yang menggambarkan sang karakter utama sebagai superhero. Faktanya banyak adegan film terasa tenang dengan menggunakan wide shot untuk mengambil landskap kota- kota eropa dengan cantik. 

Sayangnya salah satu bagian yang saya tidak suka dari film dengan genre action thriller ini justru adalah adegan action-nya. Tentu tetap ada beberapa adegan yang aksi yang sangat menarik seperti kejar- kejaran di jalan Paris dengan Mini Cooper, saat Bourne bertarung hanya dengan menggunakan pulpen atau saat ia harus kabur dengan memanjat tembok. Namun ada beberapa yang menggangu seperti shaky cam yang berlebihan serta sound effect saat memukul yang terdengar seperti kartun.

Bourne Identity memiliki pendekatan yang lebih down to earth dan realistik untuk sebuah kisah mengenai agen rahasia dan mata- mata. Jika anda lelah dengan aksi super Ethan Hunt dalam Mission Impossible atau James Bond, mungkin film ini bisa menjadi pilihan.

Comments