Twilight Zone(1959): Season 1 Episode 15 & 16

Season 1 Episode 15- I Shot an Arrow into the Air

Sebuah pesawat ruang angkasa baru saja lepas landas dari bumi. Namun anehnya beberapa jam setelah take off, pesawat tersebut justru menghilang dari semua kamera dan radar, bahkan kontrol pusat juga tidak bisa menghubungi para awaknya. Ternyata pesawat tersebut jatuh di sebuah asteroid yang dekat dengan bumi. Hanya 3 orang saja yang selamat, sekarang mereka harus segera menemukan cara untuk keluar dari tempat tersebut sebelum peresediaan mereka habis.

Yang ini merupakan salah satu cerita klasik, sekelompok orang yang terdampar di tempat yang tidak berpenghuni berusaha bertahan hidup. Salah satu dari mereka termakan oleh keadaan dan mulai berpikir tidak manusiawi. Episode ini adalah salah satu episode dimana saya sangat penasaran dengan akhirnya, karena saya sadar ini adalah Twilight Zone sehingga apa yang terlihat belum tentu sama dengan kenyataannya.

Season 1 Episode 16- The Hitch- Hiker

Episode diawali dengan Nan Adams yang mengalami kecelakaan dalam perjalannya ke Los Angeles, untungnya ia tidak terluka, namun anehnya di tempat kecelakaan Nan melihat seseorang yang meminta tumpangan. Setelah membayar mekanik yang telah memperbaiki mobilnya, Nan melihat orang tersebut lagi. Anehnya orang tersebut (The Hitchhiker), selalu mengikutinya kemana- mana. Nan tentunya mulai khawatir dan melakukan cara apapun agar si penguntit tidak mengikutinya lagi.

The Hitchhiker adalah salah satu dari beberapa episode yang pernah saya saksikan sebelumnya. Saat itu saya hanya berpikir bahwa episode ini sangat 'outdated'. Setelah saya menonton ulang untuk blog ini, saya baru sadar seberapa menariknya episode yang satu ini. The Hitchhiker mengandung banyak elemen dari horor psikologikal. Karakter Hitchhiker bisa saja nyata atau tidak, namun efek dari kemunculannya tetap mempengaruhi psikis dari Nan Adams. Karena dengan menghindari sosok misterius tersebut, Adams justru membahayakan dirinya sendiri. Monolog dari sang wanita juga menambah kental tema horor dalam episode ini.

Comments