Ngobrolin #38- An American Werewolf in London (1981)


An American Werewolf in London merupakan sebuah film karya John Landis. Sebelumya ia sudah dikenal film- film komedi seperti National Lampoon's Animal House serta Blues Brothers.

Film ini dibuka dengan Daniel dan Jack, 2 orang turis Amerika yang sedang berlibur di Eropa dan saat ini mereka telah sampai ke daerah pedesaan di Inggris. Karena hari sudah hampir malam, mereka memutuskan untuk mengunjungi sebuah bar, namun secara halus diusir oleh warga disana. Dengan terpaksa mereka melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, namun di tengah perjalanan mereka mereka diserang oleh seorang werewolf. Jack langsung diterkam dan tidak sempat menyelamatkan diri akhirnya tewas. Daniel yang awalnya melarikan diri akhirnya kembali untuk menyelamatkan temannya, namun ia juga diserang oleh si werewolf . Sebelum makhluk tersebut berhasil membunuh Daniel, warga datang dan langsung membunuh sang monster.

Selanjutnya, film ini lebih berfokus kepada Daniel yang dirawat di rumah sakit setelah kejadian tersebut. Di bagian inilah bisa dibilang film ini mulai menarik perhatian saya. Selama di rumah sakit terdapat banyak adegan yang menggambarkan lapisan demi lapisan dari mimpi buruk Daniel yang menggambarkan transformasinya secara psikologis menjadi manusia serigala. Daniel menderita sebuah keadaan psikologis yang bernama survivor guilt dimana ia merasa bersalah akan kematian Jack. Ditambah lagi Jack yang kini telah menjadi hantu juga terus mengikuti Daniel. Jack selalu menyuruh Daniel untuk bunuh diri karena sebelum werewolf terakhir (Yang sekarang adalah Daniel)  mati, maka ia dan para korban yang lain tidak akan pernah tenang.

Sama seperti The Howling dan berbagai film yang mengambil tema werewolf, film ini berfokus kepada naluri alamiah manusia sebagai makhluk hidup yang digambarkan dalam bentuk manusia serigala. Namun tentu dengan pendekatan yang lebih comedic, walaupun dengan selera humor yang dark dan twitsted.

Di tahun 1981 film ini memenangkan Oscar untuk best makeup. Rick Baker memberikan performa terbaiknya untuk film ini. Transformasi Daniel menjadi werewolf menurut saya merupakan transformasi terbaik sampai sekarang. Serta makeup hantu Jack yang makin lama semakin membusuk juga terlihat sangat bagus bahkan setelah hampir berumur 40 tahun.

Comments