The Twilight Zone (1959): Pendahuluan


The Twilight Zone merupakan sebuah seri antologi yang diciptakan oleh Rod Serling. Seri ini pertama kali tayang pada tanggal 2 Oktober 1959 di stasiun tv CBS. Seri ini bertahan selama 5 tahun dan berhasil menghasilkan 150 lebih episode. Saat ini The Twilight Zone sudah dianggap sebagai sebuah seri yang klasik, bahkan banyak orang yang menyebut seri ini sebagai seri terbaik sepanjang masa.

Konsep dari The Twilight Zone adalah sebuah kumpulan cerita pendek dimana Rod Serling bertindak sebagai host yang memberikan narasi pembuka dan penutup di setiap episodenya. Genre dari episode tersebut bermacam- macam, seperti horror, science fiction bahkan fantasy. Rod Serling menggunakan makhluk seperti alien, hantu, serta monster sebagai latar untuk menceritakan berbagai kisah yang memiliki pesan- pesan moral yang diselipkan secara halus. Seri ini menurut saya merupakan sebuah pergerakan awal yang mendorong genre science fiction ke arah yang lebih serius untuk masyarakat yang lebih awam.

Dari yang saya perhatikan, seri ini memiliki cheerleader effect. Tentu saja banyak episode yang dapat dianggap klasik seperti A Game of Pool, A Monster are Due on Maple Street atau Eye of the Beholder. Namun tentunya banyak juga episode yang miss, entah karena twist dari cerita tersebut mengena, atau memang konsep tersebut di zaman yang lebih modern ini sudah digunakan berkali- kali sampai kita lelah melihatnya. Karena itu saya sangat tertarik untuk menjelajah lebih dalam ke series ini, untuk menemukan lebih banyak hidden gem dan tentunya untuk merasakan masuk ke dalam twilight zone.

Comments