Twilight Zone(1959): Season 1 Episode 5 & 6

Season 1 Episode 5- Walking Distance

Martin Sloan(Gig Young) merupakan seorang wakil presiden dari sebuah perusahaan periklanan. Pada suatu hari, ia berhenti di sebuah pom bensin untuk mengganti oli mobilnya. Karena lokasi pom tersebut terletak sangat dekat dari kota kelahirannya, Martin akhirnya memutuskan untuk berkunjung sambil menunggu sang mekanik bekerja. Kota tersebut persis seperti kota dalam ingatan Martin. Namun Martin tidak sadar bahwa kedatangannya ke kota tersebut merupakan pertanda ia masuk kedalam Twilight Zone.

Sama seperti episode sebelumnya, Walking Distance juga juga berfokus kepada ingatan masa lalu. Namun kali ini ingatan tersebut terasa tulus dan menyentuh hati. Martin tidak membenci hidupnya yang sekarang, namun ia hanya ingin diberikan kesempatan untuk mengenang masa- masa indah saat ia tinggal bersama orang tuanya. Episode ini menurut saya merupakan salah satu episode yang memiliki teknis yang hebat di season 1. Banyak sudut kamera yang unik dan tidak biasa, serta pencahayaan yang sangat tidak natural dan berfungsi seperti ilusi.

Season 1 Episode 6- Escape Clause

Walter Bedeker(David Wayne) adalah orang yang paranoid. Ia selalu merasa tubuhnya sakit, walaupun istri dan dokter pribadinya selalu bilang bahwa ia sehat. Walter bahkan berani bilang bahwa orang- orang di sekitarnya berkonspirasi untuk membunuhnya. Saat istirahat sendirian di kamarnya, ia dikunjungi oleh pria yang mengaku bernama Cadwallader (Thomas Gomez). Pria tersebut menawarkan sebuah kontrak yang sangat menggiurkan. Cadwallader menawarkan Walter sebuah kesempatan untuk hidup abadi dengan klausa pelepasan bahwa keabadian tersebut dapat dicabut kapanpun Walter mau, namun dengan syarat bahwa Walter harus menyerahkan Jiwanya.

Berbeda dengan lima episode sebelumnya, Escape Clause memiliki gaya yang lebih komedi. Humor yang gelap banyak sekali ditemukan dalam episode ini. Cadwallader tentu saja adalah iblis yang menginginkan jiwa manusia. Namun Thomas Gomes memainkan karakter tersebut lebih seperti trickster yang suka bermain- main dengan korbannya.

Comments