Twilight Zone(1959): Season 1 Episode 7 & 8

Season 1 Episode 7- The Lonely


The Lonely mengisahkan tentang Corry, seorang tahanan yang menjalani hukuman dalam sebuah asteorid. Ia sendirian dalam asteroid tersebut, sepanjang apapun memandang hanya ada gurun pasir serta pegunungan. Setiap 3 bulan sekali Corry dikunjugi oleh kapten Allenby yang ditugaskan untuk mengantar persediaan makanan kepada para tahanan. Namun kali ini berbeda, Allenby membawa sebuah hadiah istimewa untuk menemani Corry di asteroid tersebut. Hadiah tersebut adalah Alicia, sebuah robot yang sangat identik dengan manusia.

Banyak yang episode ini coba sampaikan kepada kita. Corry bukanlah penjahat kelas kakap, melainkan ia terpaksa membunuh untuk membela dirinya. Walaupun begitu ia tetap harus menjalani masa tahanannya. Selanjutnya adalah bagaimana Corry menolak Alicia pada awalnya, dengan alasan ia bukanlah manusia. Namun lama kelamaan Corry mulai dekat dengan Alicia setelah ia sadar bahwa Alicia juga bisa merasakan apa yang ia rasakan.

Season 1 Episode 8- Time Enough at Last

Herny Bemis adalah seorang yang sangat hobi membaca, bukan hanya buku saja, namun koran, majalah sampai label makanan pun ia baca. Namun hobinya tersebut sangat mengaggu kehidupannya. Henry yang bekerja sebagai teller bank selalu ditegur oleh Bosnya karena ia tidak dapat membagi waktu antara bekerja dan membaca. Istri Henry pun juga dibuat kesal olehnya, bagaimana tidak setiap hari Henry hanya duduk di kursi sambil membaca buku. Suatu hari saat jam makan siang, Henry memutuskan untuk masuk ke dalam brankas bank tempat ia bekerja dengan niat untuk membaca tanpa bisa diganggu orang lain. Namun saat dia di brankas tersebut hal yang luar biasa terjadi, keinginan Henry untuk mendapatkan ketenangan menjadi kenyataan, namun bukan dengan cara yang ia harapkan.

Saya tidak tahu harus tertawa atau sedih di akhir episode ini, yang jelas saya sangat terkejut, sebuah ironi yang luar biasa. Henry tentunya bukan orang yang jahat, ia hanya tidak dapat mengelola waktu dengan baik. Ada bagian di episode ini yang mungkin untuk generasi kita tidak akan terlihat menyeramkan, namun untuk era dimana episode ini pertama tayang, hal tersebut merupakan sebuah ketakutan yang nyata dan menghantui semua orang setiap harinya.

Comments