Twilight Zone(1959): Season 1 Episode 9 & 10

Season 1 Episode 9- Perchance to Dream


Edward Hall memiliki kondisi yang sangat aneh, ia memiliki penyakit jantung yang sangat parah, sedikit saja Edward kaget maka jantungnya akan berhenti berfungsi. Hal tersebut diperparah dengan psikisnya yang unik, Edward tidak bisa mengendalikan imajinasinya, ia percaya bahwa seorang wanita di mimpinya berusaha untuk membuat jantungnya berhenti. Oleh karena itu ia tidak memiliki keberanian untuk tertidur. Tetapi hal tersebut juga bisa memperparah kondisi jantungnya. Untuk itu Edward berkonsultasi kepada psikeater yang bernama Dr. Elliot.

Episode ini merupakan salah satu episode paling horror yang pernah saya tonton. Bagaimana tidak, tidur dan mimpi yang seharusnya menenangkan manusia justru diubah menjadi sumber ketakutan. Build- up untuk konfliknya pun tidak main- main, masalah yang diderita Edward bukanlah sesuatu yang mistis atau supranatural, namun merupakan sebuah komplikasi dari berbagai penyakit yang dideritanya. Perchance to Dream merupakan salah satu episode yang wajib untuk ditonton.

Season 1 Episode 10- Judgement Night


Berlatar di tahun 1942, di tengah gejolak perang dunia kedua, kapal Queen of Glasgow mengangkut penumpang dari Liverpool menuju New York. Carl Lanser, salah satu penumpang kapal tersebut terlihat kebingungan. Ia mengingat siapa dirinya, namun ia lupa dengan alasan kenapa ia berada di atas kapal tersebut. Di tengah Samudra Atlantik, ia berusaha memecahkan misteri tersebut.

Judgement Night mengagetkan saya dengan penggunaan ilusi waktunya, selain itu saya tidak bisa banyak membahas tanpa membocorkan akhirnya. Berbeda dengan episode- episode sebelumnya, kita tidak perlu banyak mencoba menggali makna- makna yang Rod Sterling coba sampaikan, karena hal tersebut sudah ada di permukaan.

Comments