Twilight Zone (1959): Season 1 Episode 11 & 12

Season 1 Episode 11-  And When the Sky Was Opened

Berdasakan sebuah cerita pendek karya Richard Matheson yang berjudul Dissapearing Act. Tiga orang angkatan udara Amerika Serikat mengalami kecelakaan saat sedang menguji sebuah pesawat baru yang bernama X-20. Mereka adalah Clegg Forbes, Ed Harrington dan William Gart. Forbes yang sudah pulang dari rumah sakit akhirnya kembali untuk mengunjungi Gart. Namun anehnya Gart tidak bisa mengingat siapa itu Ed, walaupun seharusnya mereka telah mengenal satu sama lain selama 5 tahun. Bukan hanya Gart, sepertinya seluruh dunia lupa akan keberadaan Ed. Forbes sebagai teman setia dan satu- satunya orang yang mengingat Ed berusaha untuk mencari jawaban akan hilangnya seseorang bernama Ed Harrington.

Episode ini mengenalkan saya kepada rasa takut yang baru, yaitu takut akan terlupakan. Saat anda dilupakan oleh semua orang, tidak akan ada yang pergi menyelamatkan anda. Misteri sangat terasa kental di episode ini, dari awal kita diajak berasumsi mengenai takdir seorang pilot yang terlupakan. Endingnya juga sangat grim. Seperti ada feel keputusasaan yang dalam ending tersebut. And When the Sky Was Opened adalah satu lagi episode klasik dari seri ini.

Season 1 Episode 12- What You Need

Pedot adalah orang tua yang menyambung hidup dengan berjualan secara keliling. Didalam kopernya banyak barang- barang kecil yang mungkin dibutuhkan pelanggannya seperti sisir, korek api atau tali sepatu. Tapi hal tersebut bukanlah bagian menariknya. Yang menarik adalah kemampuan Pedot untuk menebak apa yang dibutuhkan oleh seseorang. Fred Renard yang menyaksikan keahlian orang tua tersebut berusaha mengambil keuntungan dengan memeras Pedot.

What You Need merupakan kisah tentang ketamakan dan keserakahan seseorang. Fred Renard adalah seorang lintah yang hanya bisa mengeksploitasi orang yang lebih berbakat darinya. Namun ia tidak sadar bahwa orang tersebut juga manusia. Struktur episode ini lebih simpel daripada yang lain, Pedot sebagai orang baik, sementara Fred sebagai penjahatnya. Tidak ada twist yang membuat mata terbuka lebar dalam episode ini, kita sudah tau ceritanya akan membawa kita kemana. Namun tetap What You Need merupakan salah satu episode yang paling memuaskan.

Comments